3 Cara Mudah Merawat Lantai Marmer, Terlihat Selalu Kinclong Menawan!

Anda dapat membuat rumah dengan design sesenang hati karena sekarang ini telah ada banyak material untuk bangunan yang bisa memberikan dukungan terwujudnya rumah impian Anda itu. Bila Anda tergolong salah seorang fans design rumah yang bergaya mewah nan menawan, maka marmer merupakan material yang harus Anda gunakan. Marmer memiliki daya tarik yang sangat indah dengan warna, corak, dan kemilau yang bagus sekali. Oleh karenanya, marmer harus Anda pakai pada saat ingin membuat dekor rumah mewah. Material ini akan bekerja bagus di sini.

Bahan marmer ini sangat banyak diterapkan pada lantai interior rumah. Daya tarik dari lantai yang satu ini seketika akan membuat nuansa penuh kemewahan dalam rumah Anda. Jika ingin tampil berbeda dan unik, tidak ada salahnya kok memasangkan marmer pada dinding ruangan. Saat ini sedang jadi trend sebuah meja dapur yang dihias dengan marmer pada bagian atasnya. Susunan marmer yang paling kuat dengan pori-pori yang ukuran super kecil membuat material itu memiliki sifat anti-gores, tahan lama, tahan terhadap tekanan, dan gampang dibersihkan.

Proses perawatan pada marmer harus dilaksanakan secara detail. Anda jangan sekedar hanya bersihkan permukaan atasnya yang kotor saja. Tapi lebih dari itu, Anda mesti menjaganya agar keadaan marmer itu selalu bersih bercahaya setiap waktu. Janganlah sampai deh struktur rumah Anda yang dibuat dari marmer ini kehilangan daya tariknya karena penampilannya yang lusuh. Jika sudah begini, Anda sendiri yang bakal menyesal nanti. Karena mengkilatkan lantai marmer supaya bercahaya kembali itu lebih sulit dibanding menjaganya dengan teratur.

Minimal ada 3 tugas khusus yang perlu Anda kerjakan secara baik agar lantai marmer di dalam rumah Anda masih tetap bercahaya. Anda dapat membersihkan tiap hari, pastikan tidak ada kotoran di atas lantai itu, dan manfaatkan beberapa bahan pencuci yang alami untuk menjaga keadaannya.

Simak 3 Cara Mudah Merawat Lantai Marmer agar Terlihat Selalu Kinclong Menawan berikut ini!

1. Mengelap Permukaan Marmer Setiap Hari

marmer 1

Penting hukumnya bersihkan permukaan lantai marmer ini tiap hari memakai kain lap sampai bersih. Anda dapat mengusap semua sisi dari permukaan marmer itu sampai ke sudut-sudutnya. Jauhi sikap malas atau ogah-ogahan jika ingin penampilan rumah Anda selalu cantik ya. Jangan sampai juga biarkan kotoran ada di permukaan marmer ini kelamaan hingga jadi bintik yang membandel. Permukaan marmer yang bersih bukan hanya akan lezat dilihat mata, tapi dapat memberikan dukungan kesehatan Anda satu keluarga.

Pada intinya, lantai marmer memiliki struktur yang paling kuat. Hingga tidak dibutuhkan beberapa kiat khusus untuk bersihkan lantai marmer ini. Anda bisa mengawalinya dengan sapu permukaan lantai untuk hilangkan sejumlah partikel kotoran dan debu yang berada di sini. Bila ada vacuum cleaner, Anda dapat memakainya supaya lebih gampang bersihkan lantai itu. Kemudian, Anda dapat mengepel permukaan lantai. Pakai bahan pencuci lantai yang dibuat dari beberapa bahan alami ya, sehingga kilau lantai marmer ini selalu terlindungi secara baik.

2. Tidak boleh Biarkan Ada Kotoran di Atas Lantai

Meskipun keseluruhannya marmer terhitung material untuk bangunan yang paling kuat dan tangguh sekali, tapi pada bagian permukaan atasnya rawan alami guratan loh. Bahkan juga sejumlah partikel debu, kotoran, ranting pepohonan, atau alas kaki yang bersudut tajam juga mampu memunculkan sisa guratan yang cukup dalam dan permanen pada permukaan lantai itu. Akibatnya ialah terlihat garis-garis yang memiliki ukuran lembut sisa guratan di atas bahan marmer itu. Sudah pasti Anda harus menangani permasalahan ini agar daya tarik lantai marmer tidak menghilang ya.

Tidak hanya itu, noda yang berjenis basah seperti minyak, tinta, cat, sisa makanan, dan sebagainya bisa juga memacu munculnya jamur di lantai marmer jika tidak selekasnya dibersihkan. Ini akan berpengaruh pada peralihan warna dan kemilau di atas lantai marmer. Lantai marmer yang semula kelihatan benar-benar eksklusif dengan berwarna yang tajam dan bercahaya juga jadi sirna dan kusam karena tertutup jamur. Salah satu jalan keluar untuk menghindari berlangsungnya masalah ini yakni Anda jangan biarkan ada kotoran di marmer yang bisa mengakibatkan permukaan atasnya jadi kusam.

3. Penggunaan Bahan yang Ramah Lingkungan

marmer 2

Anda kemungkinan berasa bingung mengapa marmer yang telah teratur dibikin bersih tiap hari dan dijaga secara baik agar tidak ada kotoran yang melekat di atasnya tetap mengalami peralihan warna. Material itu jadi terlihat berwarna pucat dan permukaan atasnya juga tidak begitu bercahaya kembali. Bahkan juga di sejumlah sisi ruang ini kelihatan bintik keputih-putihan yang susah sekali untuk dihilangkan. Kemungkinan besarnya adalah Anda salah tehnik dalam bersihkan bahan marmer itu atau juga bisa karena penggunaan bahan pencuci yang dibuat dari beberapa obat kimia yang keras.

Jadi walau keliatannya marmer jadi bersih sesudah Anda mengelapnya, sebetulnya ada sedikit sisi dari lantai marmer ini yang alami kerusakan. Dampaknya akan kelihatan dalam periode waktu lama, di mana terjadi pemudaran warna di sejumlah sisi lantai. Disarankan untuk selalu bersihkan permukaan marmer memakai kain microfiber. Gunakanlah beberapa bahan alami sebagai pembersihnya. Jeruk nipis, garam, dan baking soda sebagai beberapa bahan yang bisa Anda pakai untuk bersihkan lantai marmer tanpa memunculkan efek apapun.

Default image
Si Teknisi

Leave a Reply