5 Kebiasaan Buruk Bagi Kesehatan Yang Dilakukan Pebisnis Online

Diakui atau tidak, ada beberapa rutinitas sebagai pemicu permasalahan kesehatan untuk pelaku bisnis online. Kebiasaan-kebiasaan yang salah itu sering dijalankan walau kita sudah mengetahui hal tersebut berpengaruh jelek untuk kesehatan.

Memang, memulai usaha online makin hari makin jadi primadona. Banyak pebisnis yang berlomba untuk memulai usaha online karena tawarkan beragam keringanan dan keuntungan dalam menjalankannya.

Bahkan juga sekarang ini, ada beberapa tipe usaha online yang dapat ditelateni, seperti; jadi freelancer, berjualan online, trading, jadi YouTuber, blogging, dan lain-lain. Tetapi, kita sering tidak sadar sedang lakukan rutinitas yang dapat mengakibatkan permasalahan kesehatan.

Secara umum, kegiatan menjalankan bisnis online ditangani dari rumah saja. Tiap hari, bahkan juga ada orang yang melakukannya 15-20 jam setiap hari dalam satu minggu.

Nah, bila kalian terhitung orang dengan kegiatan rutin yang paling padat, sebaiknya kalian lihat beberapa hal yang sering mempunyai potensi jadi permasalahan kesehatan untuk pelaku bisnis online yang sering tidak kita ketahui.

1. Tidur Terlalu Larut Malam

Ini yang seringkali kita temui di kelompok pelaku bisnis online, tidur sangat larut malam bahkan juga ada yang kerja dari pagi sampai pagi kembali. Kerap kali mereka beralasan jika bekerja pada malam hari membuat mereka lebih produktif, atau sedang kejar target.

Kondisi yang sepi pada malam hari memang membuat pemikiran jadi lebih konsentrasi dan gampang fokus. Tetapi bergadang sebetulnya benar-benar beresiko untuk kesehatan badan bila dilaksanakan secara terus-terusan.

Bergadang tiap malam pasti membuat kekebalan dan keadaan kesehatan makin turun. Saat keadaan kesehataan turun, dampaknya tentu kita jadi gampang terserang penyakit.

Demikian berbahayanya rutinitas bergadang hingga kita diingatkan lewat sebuah lagu dengan judul Bergadang!

Bergadang jangan bergadang, jika tidak ada artinya
Bergadang boleh saja, jika ada perlunya

Jika terlalu banyak bergadang, muka pucat karena darah berkurang
Jika sering terkena angin malam, segala penyakit akan mudah datang

Darilah itu cintai tubuh
Tidak boleh bergadang tiap malam

Rhoma Irama

2. Terlalu Sering di Depan Layar Monitor

Seperti yang kita pahami, kebanyakan waktu dalam memulai usaha online akan sering menghadap layar monitor. Baik itu monitor laptop, computer, atau handphone. Ini buruk sekali untuk kesehatan, terutama mata.

Pancaran sinar yang terus-terusan dari layar monitor akan punya pengaruh untuk badan manusia, khususnya pada mata kita. Makin sering kalian di muka layar monitor, maka potensi kekuatan mata jadi menurun makin besar.

Lantas bagaimanakah menahan atau menanganinya walau sebenarnya kita bekerja selalu memakai monitor monitor?

Sebagai perlakuan pencegahan, seharusnya ada selang sesaat saat kalian bekerja di depan layar monitor. Interval beberapa menit dan pakai waktu jeda untuk istirahatkan mata.

Triknya, istirahatlah tiap 30 menit atau 1 jam dengan menyaksikan panorama alami disekitaran rumah, seperti pohon-pohonan, atau mungkin dengan menyaksikan air yang bergerak. Cara itu baik untuk istirahatkan mata.

3. Terlalu Lama Duduk Dengan Posisi yang Salah

Duduk lama-lama di muka computer sebagai aktivitas setiap hari umumnya pelaku bisnis online. Bahkan juga dapat beberapa jam tidak bergerak dari tempat duduk.

Nah, karena kegiatan rutin itu ditempuh tiap hari dan berkali-kali, karena itu Anda harus memerhatikan sikap duduk. Bila sikap duduk Anda salah, maka mengakibatkan akan buruk untuk kesehatan badan, khususnya di bagian punggung.

Duduklah senyaman mungkin secara seimbang, berarti luruskan punggung dan mengatur jarak mata dengan monitor. Sebaiknya Anda perlu bergeser dan bergerak dari tempat duduk tiap 1 jam, supaya otot tidak kaku. Misalkan jalan-jalan kecil disekitaran meja kerja sepanjang 2-5 menit saat sebelum duduk kembali.

Duduk pada sikap yang keliru dalam waktu lama dapat menyebabkan sakit pinggang dan punggung. Disamping itu, rutinitas duduk yang keliru akan membuat bentuk badan jadi kurang bagus.

4. Jarang-jarang Terkena Matahari dan Mengirup Udara Segar

Umumnya bekerja online akan habiskan beberapa waktu di rumah atau di kantor, hingga jarang-jarang keluar untuk memperoleh cahaya matahari dan angin segar.

Ini buruk sekali bila dilaksanakan secara terus-terusan. Dan makin buruk lagi jika kalian tidur saat pagi hari saat udara pagi masih segar-segarnya.

Walau sebenarnya udara pagi dan cahaya matahari pagi benar-benar baik untuk kesehatan kita. Yok mulai saat ini kita ganti rutinitas jelek semacam itu.

Bekerjalah dengan sehat dan teratur supaya hidup menjadi lebih sehat, pemikiran jadi lebih fresh hingga dapat tingkatkan kekuatan diri agar semakin inovatif.

5. Konsumsi Kopi dan Rokok

Nah, ini kemungkinan yang sedikit susah untuk dijauhi, konsumsi kopi dan rokok terlalu berlebih menjadi sisi dari aktivitas dari banyak pelaku bisnis online.

Benar ada beberapa pelaku bisnis online yang tidak merokok, atau cuman sedikit konsumsi kopi/ rokok. Tapi, banyak pula pelaku bisnis online yang merasa kurang afdol jika bekerja tidak didampingi oleh ke-2 menu itu.

Jika mungkin dirasakan sedikit berat, saya anjurkan untuk coba menguranginya dikit demi sedikit. Jika umumnya satu hari habis satu bungkus rokok, ya upayakan dimulai dari saat ini satu hari habis 1/2 bungkus saja.

Kopi juga begitu, turunkan dikit demi sedikit dan ubahlah sama air putih. Kerjakan dengan stabil hal itu secara sabar, yakinlah, itu akan berbuah positif untuk kesehatan kalian.

Akhir Kata

Sebetulnya, pemicu permasalahan kesehatan untuk pelaku bisnis online yang disebut sebelumnya bukan hal yang baru. Dan semua karier juga dapat lakukan kebiasaan yang salah itu.

Beberapa orang kemungkinan acuh tidak acuh atau menganggap remeh, dan beberapa orang mulai berpikiran untuk mengaplikasikan gaya hidup sehat sesudah alami keluh kesah kesehatan.

Tetapi yang jelas, apa saja pilihan kita ini hari akan berpengaruh pada kehidupan kita di masa datang. Usaha sukses tetapi kesehatan buruk, pasti Anda tidak ingin. Dan kebalikannya, tubuh sehat tetapi usaha buruk, Anda pasti juga tidak ingin.

Oleh karenanya, seharusnya kita mulai intropeksi diri, rutinitas salah apa yang sering dilaksanakan. Dengan ketahui kebiasaan-kebiasaan yang salah, minimal kita dapat meminimalkan kekuatan permasalahan kesehatan dan masih tetap memulai usaha dengan optimal.

Default image
Si Teknisi

Leave a Reply