Alasan Anda Harus Berpartisipasi Dalam Trade Show

Dalam MICE, Trade show mempunyai makna satu moment atau aktivitas yang diadakan oleh federasi industri tertentu dengan mengikutkan pebisnis tertentu. Trade show sendiri sebetulnya banyak memiliki istilah seperti trade fair atau (business-to-business) B2B exhibition. Moment B2B ini umumnya diadakan sekali sampai 2x dalam satu tahun.

Trade show dikatakan sebagai B2B exhibition karena peserta dan pengunjungnya dituruti oleh beberapa pelaku bisnis, bukan customer langsung. Beberapa pelaku bisnis umumnya cari rekanan usaha prospektif dalam moment ini.

Tetapi, banyak aktor usaha yang kelihatannya tetap tidak tahu mengenai trade show bahkan juga malas untuk ikuti moment itu. Walau sebenarnya, ikuti trade show menjadi peluang untuk beberapa pebisnis untuk mereknya lebih dikenali oleh audience yang tepat.

1. Meningkatkan Visibilitas

Salah satunya langkah membuat keyakinan ke rekanan usaha atau customer ialah tingkatkan visibility produk Anda. Pada intinya pameran B2B memberinya peluang untuk Anda untuk bawa dan memperlihatkan produk unggulan Anda. Calon customer bisa rasakan dan memperoleh info langsung produk Anda lewat pameran.

Pameran jadi peluang untuk Anda untuk mengenalkan produk yang sebetulnya mempunyai keunggulan tetapi tidak mendapatkan exposure dari customer. Selainnya visibility produk, Anda dapat tingkatkan visibility dan citra usaha lewat pameran.

2. Meningkatkan Brand Anda

Brand ialah komponen penting yang perlu ada di usaha. Tanpa merek, customer akan susah mengenali usaha Anda. Banyak langkah untuk tingkatkan merek awareness. Tetapi, lewat trade show, merek Anda akan disaksikan oleh customer yang pas dan sesuai sasaran pasar Anda.

Tidak cuma customer, merek Anda bisa juga dilirik oleh investor. Karena sebenarnya, trade show tidak cuma didatangi atau dituruti oleh pebisnis yang cari customer saja, tetapi pebisnis yang cari investasi.

3. Mendapatkan Leads yang Pas Sasaran dan lebih efektif

bila Anda lakukan pemasaran secara random misalkan lewat direct mail, lakukan lawatan, atau telemarketing di mana sasaran customer umumnya terasa terusik serta meremehkan penawaran Anda. Berlainan bila Anda ikuti trade show, calon customer tiba dengan motivasi dan arah. Pertama, umumnya ticket masuk ke trade show mempunyai harga yang lumayan tinggi hingga cuman beberapa orang yang mempunyai niat untuk lakukan alterasi yang datang pada pameran.

4. Waktu yang Tepat untuk Melihat Kompetitor Anda

Dalam pameran B2B, peluang untuk Anda agar bisa menyaksikan bagaimana pesaing Anda memulai usaha. Apa kelebihan mereka dan apa yang tidak dipunyai pesaing Anda. Disamping itu, Anda dapat menghitung berapa baik usaha Anda di mata customer.

Anda dapat belajar dan memperoleh ide untuk usaha Anda dengan ikuti trade show. Triknya, Anda dapat bersandiwara jadi pengunjung dan lakukan hubungan dengan pesaing Anda. Panduan yang lain Anda dapat menyaksikan, booth mana yang terbanyak didatangi, perhatikan apa yang dapat membuat booth itu ramai didatangi. Panduan Ikuti Trade Show

5. Lihat Rekam Jejak dan Reputasi Penyelenggara

Walau diadakan oleh federasi, rekam jejak dan reputasi pelaksana atau moment organizer jadi penting. Beberapa perusahaan blue chip atau perusahaan besar bahkan juga cuman memutuskan untuk ikuti moment organizer tertentu.

Anda bisa juga menyaksikan berapa besar rekanan moment organizer itu dengan federasi, berapa sukses moment-event yang sudah diadakan awalnya, dan yang paling penting ialah affordable untuk bujet usaha Anda.

6. Tentukan Strategi

Ikuti pameran bukan tanpa taktik, Anda harus tentukan goals apa yang dapat dicapai sepanjang lakukan pameran, delegasikan pegawai terbaik Anda yang pahami produk usaha Anda ke lantai pameran. Ini jadi kunci bagaimana usaha Anda professional dalam memulai usaha.

Disamping itu, bikinlah jurnal atau catatan setiap Anda berhubungan dengan peserta pameran yang lain atau customer yang tiba ke Anda. Ini dilaksanakan sebagai bahan penilaian pasca-pameran.

7. Lokasi Menentukan Kesuksesan Anda

Panduan yang lain ialah Anda harus menimbang lokasi dan ukuran booth. Lokasi booth yang bagus ada di tengahnya exhibition hall. ke-2 , usahakan lokasi booth bersisihan dekat perusahaan besar. Bersisihan dengan perusahaan besar tidak membuat booth Anda sepi. Tapi kebalikannya, booth Anda mempunyai potensi dilirik semakin banyak oleh pengunjung bahkan juga dilirik oleh perusahaan besar itu.

8. Buat Menarik

Design booth perlu diperhitungkan saat lakukan trade show. Rancanglah booth sangat menarik dan buat program pada booth Anda untuk mengundang perhatian pengunjung. Misalkan replikasi pemakaian produk, kuis, mini workshop, dan tawarkan giveaway ke pengunjung.

Default image
Si Teknisi

Leave a Reply