Bos Facebook Siapkan Dana $3 Miliar Untuk Masalah Kesehatan Dunia!

Bila kita melihat kembali beberapa figur besar di bagian industri teknologi, maka kita akan merasakan sebagian diantaranya mempunyai jiwa sosial yang mengagumkan besar. Satu diantaranya yaitu pendiri sekaligus CEO perusahaan sosial media Facebook, Mark Zuckerberg. Milioner muda yang ini, telah lama dikenali memiliki perhatian tinggi pada sektor sosial khususnya dalam kesejahteraan warga.

Dan yang terkini, Mark Zuckerberg beritanya sudah mempersiapkan dana sekitaran 3 miliar dolar atau sama dengan Rp39 triliun untuk project peningkatan di bagian kesehatan. Project itu mempunyai visi khusus untuk menuntaskan beragam permasalahan kesehatan yang berada di dunia dalam periode waktu 100 tahun akan datang.

Ambisi Sang Milioner Muda

Sebagai seorang milioner muda yang mempunyai misi mengagumkan, Mark Zuckerberg selalu memiliki langkah untuk ekspresikan diri melalui bermacam project teknologinya. Sesudah sukses membangun Facebook sejak tahun 2004 saat masih dengan status sebagai mahasiswa perguruan tinggi, perlahan-lahan perusahaannya itu jadi kerajaan usaha besar yang meliputi banyak sektor industri lain.

Tetapi di selang usaha pengembangan usaha itu, Mark tidak lupa menyelipkan bermacam arah bernafas sosial. Awalnya kita ketahui salah satunya project #Facebook yang mana ingin meningkatkan koneksi internet yang gampang untuk warga di wilayah terasing. Tentu saja tidak hanya itu, pria yang sudah janji akan menyumbang 99% kekayaannya untuk kebutuhan sosial dan kemanusiaan ini, masih menyimpan banyak gagasan lain.

Yang terakhir, disingkap dengan cara resmi jika Mark Zuckerberg sudah mempersiapkan dana sejumlah Rp39 triliun untuk meningkatkan laboratorium riset kesehatan. Project ini nanti akan ditukangi oleh badan amal yang dia dirikan bersama si istri, Chan Zuckerberg Initiative.

Fokus Pada Empat Persoalan Kesehatan Utama

Untuk memulai peningkatan project riset kesehatan, nanti Chan Zuckerberg Initiative akan fokus pada 4 permasalahan kesehatan khusus sebagai momok untuk warga dunia. Empat permasalahan itu yaitu kanker, penyakit jantung, penyakit infeksi dan penyakit saraf. Berkenaan argumen kenapa memprioritaskan 4 permasalahan kesehatan ini ialah karena, keempatnya menyumbangkan angka kematian dengan jumlah besar sekali di penjuru dunia. Disamping itu beberapa penyakit yang terkait belum juga diketemukan obat atau therapy pengobatannya.

Karena itu, peningkatan yang sudah dilakukan oleh Chan Zuckerberg Initiative dikerjakan dalam tiga tahapan yaitu bagaimana menyembuhkan, mencegah dan menangani penyakit itu dengan #teknologi yang tepat. Dan dengan dana yang ada, nanti akan dipakai untuk kumpulkan beberapa pakar baik itu ilmuwan dan mekanik yang hendak menolong meningkatkan alat dan tehnologi baru berkaitan dengan penyakit yang ditemui.

Project Step Pertama

Berkenaan tahapan pertama dari project riset kesehatan Mark Zuckerberg, yaitu dengan membuat sebuah sarana riset kesehatan yang dinamakan Biohub. Habiskan dana tidak kurang dari 600 juta dolar, nanti turut diikutsertakan juga beberapa ilmuwan dan mekanik dari Kampus Stanford, UCSF, Kampus Berkeley dan tentu saja beberapa mekanik profesional dari badan Chan Zuckerberg Initiative.

Dalam penjelasannya, disebut jika project pertama kali yang sedang digodok oleh pusat penelitian Biohub ialah pengamat beberapa tipe sel yang atur organ badan manusia. Dalam usaha itu, team lakukan beberapa test dan membuat vaksin baru untuk menangani permasalahan penting seperti HIV, ebola dan Zika. Dan ke depan, team akan menambahkan jumlah penyakit yang mencoba dicari alternative pengobatannya.

Mark menyebutkan jika, usaha riset kesehatan ini sebagai usaha jangka panjang yang memerlukan tenaga dan waktu dengan jumlah besar. Oleh karenanya, pihaknya berasa jika kesabaran benar-benar diperlukan sampai nanti hasil riset dapat diterapkan pada bidang medis secara luas.

Bila nanti visi kemanusiaan yang digerakkan oleh Mark Zuckerberg sukses menemui keberhasilan, bukan tidak mungkin bisa memberikan keinginan baru untuk anak cucu kita di masa datang untuk kehidupan yang lebih bagus. Bersama dengan Mark, ada beberapa miliarder lain dari industri teknologi yang mempunyai pikiran searah dalam meningkatkan project sosial, seperti misalnya Bill Gates, Team Cook, Elon Musk, Michael Bloomberg dan taipan usaha media Richard Branson.

Default image
Si Teknisi

Leave a Reply