Inilah 6 Perbedaan Antara Processor Intel dan AMD

Tahukah kalian apakah bedanya processor Intel dan AMD? Processor adalah bagian utama yang berjalan sebagai otak dari sebuah computer. Hingga, kita harus pandai-pandai saat pilih atau menyeleksi suatu processor.

Sekarang ini ada dua merek terkenal yang menyuguhkan prosesor powerfull, yaitu Intel dan AMD. Ke-2 nya mempunyai kekhasan tertentu, khususnya dalam soal performa.

Andaikan kalian akan beli processor baru dan ketidaktahuan untuk pilih processor mana yang pas untuk keperluan computer, kami akan membahas tentang perbedaan processor Intel dan AMD pada artikel kali ini.

Perbedaan Processor Intel dan AMD

Baik Intel atau AMD, ke-2 nya mempunyai prosesor yang sama-sama powerfull, cuman tidak sama dari sisi kebutuhan saja.

Misalnya, banyak orang beli processor Intel karena dipakai untuk jalankan program multimedia, dan processor satu ini tidak pas untuk dipakai gaming. Sementara AMD malah kebalikannya.

Meskipun Intel juga bisa mainkan beragam games berat, menurut kami processor itu tidak setangguh AMD untuk masalah gaming. Apa perbedaan processor Intel dan AMD?

1. Kecepatan Clock Processor

Intel lebih fokus pada kecepatan mengolah data perintah dari processor. Intel mempunyai processor dengan base clock 3.8 GHz dan dapat kalian overclock sampai 5.1 GHz.

Dan AMD, rata-rata CPU dan APU-nya mempunyai base clock di antara 3.5 GHz sampai 5.0GHz. Mereka merasa bahwa angka ini telah cukup buat penuhi keperluan proses komputasi.

2. Temperatur Processor

Processor Intel dikenal karena tidak cepat panas daripada AMD, bahkan juga processor Intel umumnya mempunyai peringkat Thermal Design Point (TDP) sebagai pertanda jika prosesor itu tidak gampang memunculkan temperatur panas terlalu berlebih.

Temperatur bukan hal yang harus kita pandang mata sebelah, andaikan temperatur prosesor semakin panas, performa yang diberi juga akan semakin turun. Bahkan juga bisa-bisa malah jadi boros listrik.

Apa yang membuat AMD menjadi lebih cepat panas daripada Intel? Ini muncul karena prosesor AMD mempunyai jumlah core yang lebih banyak, makin banyak core performa perangkat semakin kuat juga, namun processor menjadi lebih cepat panas.

3. Performa Dan Kualitas Grafis

Dari sisi grafis, Intel memanglah tidak demikian menonjol. Masalahnya mereka memusatkan diri untuk menyuguhkan processor yang bekerja lebih maksimal dan efektif. Hingga, mereka akan semakin memercayakan GPU eksternal untuk mendukung grafis mereka.

Berlainan dengan Intel, grafis dari AMD dapat dikatakan lebih bagus. Disamping itu, bila kita saksikan dari beragam benchmark, efisiensi score dari AMD kelihatan bertambah secara mencolok.

4. Kemampuan Multimedia

Dari sisi grafis memang kalah, tetapi untuk permasalahan kekuatan Multimedia, Intel tetap memimpin. Kualitas gambar yang dibuat oleh Intel kelihatan lebih tajam dibandingkan AMD. Oleh karena itu, untuk kalian yang bekerja di bidang digital, baik itu digital artist, editor video dan sebagainya, Intel benar-benar kami referensikan.

5. Ketersediaan Motherboard

Di pasar, umumnya yang kita dapatkan adalah motherboard yang cocok untuk processor Intel. Motherboard dikhususkan untuk AMD dapat disebut cukup susah untuk diketemukan, tetapi tidak berarti tidak dapat dicari, dengan keringanan toko online kalian bisa mendapati motherboard AMD secara mudah.

6. Harga

Mengingat ongkos untuk membuat performa beberapa produk dari Intel ini termasuk tinggi, hingga membuat harga yang dibandrol lumayan mahal. Walau demikian, mereka bisa menjamin jika produknya mempunyai performa maksimal, baik dari temperatur, efisiensi konsumsi daya dan sebagainya.

Untuk prosesor AMD termasuk lebih murah, hingga penjualannya bertambah mencolok dari hari ke hari. Murahnya nilai jual, khalayak luas juga menjadi lebih berminat untuk beli processor satu ini.

Default image
Si Teknisi

Leave a Reply