Mencermati 6 Teknik Dasar Fotografi untuk Produk Toko Online Anda

Apa saja teknik dasar photografi untuk produk online shop yang penting dipahami oleh beberapa pebisnis internet? Rupanya tidak harus jadi photografer professional untuk dapat memperoleh hasil bidikan yang memikat di online shop Anda.

Hal apa yang umumnya kita hadirkan untuk mempopulerkan produk #toko online? Mayoritas dari kita pasti sudah mengetahui jika online shop yang bagus akan tampilkan deskripsi produk yang berkaitan dengan detail dan photo fisik produk itu. Ya, calon konsumen setia akan mendapat kesan-kesan pertama kali yang mengagumkan saat menyaksikan beberapa foto produk yang terlihat detil, professional dan menakjubkan. Karena hal itu kita harus ketahui tehnik dasar photografi sebagai perbekalan untuk memulai meniti online shop.

Kita tidak membutuhkan camera professional yang harga beberapa puluh juta atau seperangkatan peralatan photografi yang lain. Banyak hal yang kita perlukan ialah: 6 Tehnik Dasar Photografi untuk Produk Toko Online

1. Kamera yang Berkualitas

Yang diartikan dengan camera berkualitas bukan camera SLR yang harga setinggi langit. Dengan 1 unit camera digital yang cukup hebat, kita mulai bisa ambil beberapa foto produk dengan detil. Yakinkan jika camera itu mempunyai kekuatan lensa minimum 50 mm untuk memfoto detil produk yang kecil seperti detil pola pakaian atau detil perhiasan.

Selainnya manfaatkan camera digital, kita bisa juga memakai camera handphone yang resolusinya cukup besar. Memakai iPhone 5 atau handphone Android yang lain dapat menjadi satu diantara alternative jika kita belum mempunyai camera digital.

2. Pelajari Tehnik Pencahayaan

Bila sedang memiliki bujet lebih, tidak ada kelirunya jika kita membagikan bujet itu untuk beli seperangkatan alat penerangan yang terbagi dalam tripod, diffuser box dan lampu. Selain manfaatkan piranti penerangan hebat, kita pasti dapat manfaatkan alam untuk membuat build in yang memberikan kepuasan. Tetapi saat manfaatkan penerangan alami, kita pasti memerhatikan waktu ambil photo karena umumnya letak matahari selalu beralih-alih bergantung waktu.

3. Menggunakan Tripod

Mengambil banyak photo dalam waktu lama pasti dapat membuat tangan kita jadi pegal dan tidak konsentrasi saat mendokumentasikan objek photo. Hasilnya, photo jadi terlihat kabur dan kurang memikat. Untuk menangani ini, kita dapat memakai tripod untuk menolong menempatkan camera hingga beberapa foto yang dibuat akan terlihat seragam dan makin menarik.

4. Background Foto Penting

Background photo bisa menjadi sisi dari objek photo yang kita dokumentasikan. Latar belakang photo yang berwarna ceria dan bersih akan membuat objek photo jadi terlihat makin menarik. Untuk mengakali ini, kita dapat memakai gulungan kertas karton yang diadakan di meja dan salah satunya seginya diapit dengan pencapit kertas di ketinggian lebih kurang 1 mtr. dari permukaan meja. Dengan demikian, kita akan menjadi lebih bebas untuk mendokumentasikan photo objek yang kita harapkan. Latar belakang putih adalah latar belakang paling netral dan akan membuat objek photo terlihat lebih detil.

5. Perhatikan Letak Bayangan

Saat mulai ambil photo, upayakan tidak untuk arahkan penerangan yang dapat menyebabkan jatuhnya bayang-bayang pada permukaan objek photo. Ini justru akan membuat produk terlihat lusuh dan kurang memikat . Maka, upayakan untuk arahkan penerangan untuk atur letak jatuhnya bayang-bayang.

6. Pastikan Kebersihan Produk yang Akan Difoto

Mendokumentasikan photo produk online shop dengan camera berkualitas pasti hasilkan hasil yang prima. Tetapi sesaat akan memotret, seharusnya kita pastikan jika tidak ada debu atau sidik jemari yang ketinggalan pada produk itu.

Produk yang berdebu atau mempunyai sidik jemari akan membuat photo terlihat kurang memikat dan berkesan amburadul. Untuk produk online shop berbentuk pakaian, kita dapat menyetrika pakaian itu supaya memiliki bentuk lebih rapi dan menarik saat dipotret.

Default image
Si Teknisi

Leave a Reply