Syarat Untuk Memonetisasi Video Pendek di Facebook

Facebook umumkan syarat atau persyaratan yang harus dipunyai oleh content kreator supaya bisa manfaatkan feature ini:

  • Mempunyai durasi waktu video yang sudah dilihat minimal 600.000 menit dari berbagai gabungan beberapa video, dimulai dari upload dan Live. Durasi waktu ini harus didapatkan dalam 60 hari terakhir.
  • Minimal mempunyai 5 video unggah atau video dari Live. Video ini tentu saja harus sesuai peraturan monetisasi content di platform ini.

Di sini Facebook menambah pengembangan monetisasi ke content “Live” dan patokan lain supaya kreator video pendek turut tergabung.

Video versi Live saat ini dapat dimonetisasi dengan format program invite-only. Jadi, bila Anda ingin memonetisasi video ini, Anda membutuhkan minimal 60.000 menit untuk Live video yang dilihat oleh audiens dalam 60 hari terakhir.

Selain itu, Facebook merencanakan tingkatkan awareness untuk program gift Live-stream Stars dengan sediakan promo gratis di stream khusus supaya pengguna mulai terlatih dengan proses ini.

Minimal Facebook sudah menggulirkan $7 juta untuk mempromokan pemakaian feature Star ini.

Feature ini memungkinkannya beberapa viewer untuk memberi bantuan pada streamer favorite mereka memakai feature Star dari sisi memberinya peluang monetisasi Star ke kolam yang semakin besar.

Dalam beberapa bulan terakhir, Facebook berusaha meningkatkan pilihan Star. Desember 2020 lalu, ada tool Star termasuk animasi diagram untuk faktor harga dan pinned Star pada bagian komentar.

Tidak itu saja, Platform pimpinan Mark Zuckenberg ini merencanakan untuk mengekspansi pemakaian feature Star dengan pola yang lain.

Facebook melakukan pengetesan feature Star pada video-on-demand. Mereka mencari langkah bagaimana supaya feature ini ada pada video pendek.

“Hari ini, even berbayar online berada di 20 negara, dan kami sedang mengekspansinya ke 24 negara yang lain di sejumlah minggu ke depan; Argentina, Austria, Bangladesh, Bolivia, Colombia, Denmark, Ecuador, Egypt, Guatemala, Hong Kong, Indonesia, Ireland, Malaysia, Morocco, New Zealand, Peru, Portugal, South Africa, Switzerland, Taiwan, Thailand, the Philippines, Turkey and the United Arab Emirates.”

Beberapa negara yang dicatat oleh Facebook memasukkan Indonesia, Malaysia, Thailand, s/d Argentina . Maka, untuk Anda yang giat membuat video di Facebook dan rajin lakukan Live, ini menjadi peluang besar.

Dengan beragam pilihan monetisasi yang diberi Facebook, ini kemungkinan memberi dampak yang besar pada lanscape content kreator yang semakin besar. Di sini saja, Facebook telah menyaksikan perkembangan yang lumayan besar:

“From 2019 to 2020, the number of content creators earning the equivalent of $10,000 USD per month grew 88% and content creators earning $1,000 per month grew 94%.”
“Dari tahun 2019 ke 2020, perkembangan kreator content yang mendapatkan bayaran sekitaran $10.000 USD/bulan bertambah 88% dan content kreator yang hasilkan $1000/bulan tumbuh 4%.”

Bila Facebook dapat berikan sarana lain dalam soal revenue, ini akan menarik semakin banyak kreator dengan pengembangan ke content video yang memiliki durasi pendek. Sudah pasti ini akan menandingi TikTok dan memberi semakin banyak pilihan untuk beberapa kreator content.

Di lain pihak, TikTok terus cari momen. Risiko yang dipunyai platform ini yakni pilihan monetisasi yang efisien, dan menolong kreator hebat mereka menghasilkan uang. Bila tidak, beberapa kreator ini dapat berpindah ke platform lain seperti Facebook dan Youtube.

Kasus ini sebagai salah satu argumen keruntuhan Vine karena mereka tidak sediakan tool monetisasi untuk content video memiliki durasi pendek. Kreator hebat Vine ini pada akhirnya berpindah ke platform lain sekalian memborong audiens mereka yang banyaknya lumayan besar.

Apa taktik ini sesuai keinginan Facebook? Apa feature ini memberinya peluang yang bagus untuk kreator?

Ditambah lagi, tindakan Facebook terakhir dengan pemerintahan Australia yang pilih hentikan penyiaran informasi lokal sepanjang tadi malam karena perselisihan dengan pemerintahan setempat. Apa beberapa kreator ini ingin memberi keyakinan pada Facebook dengan kehadiran sejumlah fitur ini?

Ada banyak pertanyaan yang penting diperhitungkan, walau bukan sekarang ini. Tetapi yang paling penting, sangat bagus jika Facebook memberi pilihan monetisasi semakin banyak untuk beberapa kreator untuk menghasilkan uang.

Default image
Si Teknisi

Leave a Reply